Semoga blog ini bermanfaat bagi yang membaca.. aminyrb.. ^_^

Blackhead Disease (Histomoniasis)

Penyakit ini mungkin baru terdengar, tidak terlalu familiar dan mungkin juga sudah banyak yang mengetahui tentang penyakit ini. awal mula kami mengalami penyakit ini awal tahun bulan april, kami kira hanya penyakit biasa yang mungkin akibat dari pemberian pakan. namun akhirnya kalkun tersebut mati. Tips dan Info dari kami tentang penyakit Blackhead.

Blackhead Disease (Histomoniasis) merupakan penyakit yang sering menimpa Kalkun yang sangat berbahaya karena bisa dapat menimbulkan kematian dalam jumlah besar apabila terlambat menanganinya. Blackhead atau Histomoniasis merupakan penyakit yang menyerang organ dalam yaitu pada bagian Hati. merusak sistem kerja hati sehingga fungsi hati tidak normal yang menyebabkan kotoran akan berubah menjadi warna kuning, semakin lama warna kotoran semakin kuning terang dengan tekstur yang sangat encer, penyakit ini disebabkan oleh parasit protozoa disebut juga Histomonas meleagridis. Blackhead bisa menyerang ayam, belibis, ayam hutan, merak, burung, burung puyuh, kalkun.

contoh hati yang terkena penyakit dan warna kotorannya :

klik gambar untuk memperbesar

Tanda-Tanda Kalkun yang terinfeksi :
  1. Kotoran berwarna kuning encer
  2. Lesu tidak nafsu makan
  3. Sayap terkulai lemah
  4. Badan membungkuk ke depan
  5. Cenderung memejamkan mata dan menyendiri
  6. Bagian kepala berwarna kebiruan pucat

Perantara Penyebaran Blackhead Disease :
  1. Kotoran yang terinfeksi penyakit
  2. Melalui tempat makan dan minum 
  3. Lalat
Penanganan Penyakit Blackhead :
  1. Mencuci bersih wadah makan dan minum secara rutin (1x sehari lebih baik)
  2. Mengkarantina yang terkena penyakit, jangan dicampur sampai kalkun benar-benar sembuh
  3. Membersihkan kandang secara rutin (2x sehari/ min 1x sehari)
  4. Rutin menyemprot kandang dengan menggunakan Medisep untuk membunuh bibit penyakit.(apabila kandang sudah terkontaminasi penyakit disemprot min 2x sehari)
  5. Apabila penanganan terlambat kalkun yang mati langsung dibakar dan dikubur agar penyebaran tidak meluas (dianjurkan jangan dikonsumsi)
Pengobatan Bagi Kalkun yang Terkena Penyakit :
  1. Disendirikan/diisolasi
  2. Pemberian rutin Tetrachlor 3x shari selama 3-5 hari
  3. Pemberian makan rutin namun yang kering untuk membuat kotoran menjadi kering sehingga penyakit tidak menyebar (atau pemberian pakan kesukaan kalkun).
Semoga info dan tips dari kami bermanfaat.. ^_^

20 komentar:

  1. Balasan
    1. sama-sama mas bos.. semoga bermanfaat..

      Hapus
    2. Wou baru tahu aku bila penyakit berak kuning ini bisa di obati. Terima kasih atas infonya

      Hapus
  2. gan, saya mau tanya.. kenapa kalkun pejantan saya menjadi tidak bisa bersuara, mohon penjelasan dan bagaimana mengatasinya?, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ngak bersuara karena blm masa kawin mas bos, kadang-kadang emang ngak bersuara, selama makan masih lancar dan kondisi masih sehat ngak jadi masalah mas bos.. coba ditambahin minyak ikan mas bos, semoga bisa membantu.. ^_^

      Hapus
  3. Jenengan dalem e pundi mas kulo nggih klaten (kebonarum)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gading Santren mas bos, utara RSI Klaten.. ^_^

      Hapus
  4. gan mau tanya kalo tetrachlornya diganti sama supertetra gimana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngak pa2 mas bos, yang penting pemberian obat sesuai aturan pakai aja.

      Hapus
  5. Assalamualaikum.
    Gan salam kenal saya dari Pati. Sharing ya Gan, Saya baru coba - coba pelihara kalkun,dari 3 kalkun yang saya punya usia sekitar 6 bulanan, lha ada satu yang mencret kuning, tidak nafsu makan dan ngantuk. Karena gak tahu bgmn menanganinya, saya cari info di mbah Google, alhamdulillah ketemu panjenengan. Dapat info info berharga. Karena gak tahu mau cari obatnya dimana sore -sore gini pasti toko dah tutup, saya coba kasih aja sisa obat unt keluarga: antibiotik amoksisilin dan antangin cair agar badannya hangat. Entah ini bekerja atau tidak, hasilnya besok pagi (24/8). Baru besok saya usahakan obat sesuai penjelasan Agan. (Salam :Jack Pati)

    BalasHapus
  6. Trims infonya, kalkunku kna blackhead sudah satu ekor mati, tdnya bingung ini pnyakit apa, dr anwar pklongn lmpung

    BalasHapus
  7. Apakah kalkun yg terjangkit bisa sembuh seperti biasa mas ??

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah. .Ketemu jawaban tentang penyakit kalkun.. Saya juga punya kalkun yg sakit seperti penjelasan tsb. .mks infonya mas bos. .semoga bermanfaat. ..Jazakallah. .

    BalasHapus
  9. Kalkun yg terkena blackhead dikasih air minum tidak?

    BalasHapus
  10. Gara2 penyakit ini kalkun sya mati 3 😭
    Teerima kasih infonya gan

    BalasHapus
  11. Sekedar menambah pengalaman aja. Untuk berak kuning Saya kasih parutan bawang, kunir, temulawak 3kali sehari sampai benar sembuh. Disuapi pagi siang sore ketika tidak mau makan sampai mau makan sendiri. Alhamdulillah 2 kalkun sembuh 1 tidak bisa bertahan. Sekarang ada 1 yg sakit lagi. Ini aku coba pakai pengobatan spt dulu lagi.

    BalasHapus
  12. Kalkun saya sakit seperti itu , apa bisa diobati bawang putih?

    BalasHapus
  13. Terimakasih infonya.
    Setelah saya praktekkan, kalkun saya malah mati......
    Kemudian ada saran dari dokter hewan penggunaan tetrachloor dalam kasus ini kurang tepat

    Terimakasih .

    BalasHapus
  14. Makasih semua infonya saya jg punya kalkun yang lgi sakit seperti itu dan sudah saya kasih obat tetrachloor tpi belum mau makan akhirnya disuapi muda2an cepet sehat

    BalasHapus
  15. Teman saya menggunakan obat manusia Metrodinazole dan katanya sangat ampuh untuk berak kuning

    BalasHapus