Semoga blog ini bermanfaat bagi yang membaca.. aminyrb.. ^_^

Kebiasaan Kawin Kalkun Jantan

Kebiasaan Kalkun Jantan yang pernah terjadi dan saya melihat sendiri adalah :

  • Kebiasaan kawin terkadang unik dan aneh karena tidak kawin dengan betina namun kawin dengan apa aja yang ada didepannya, misalnya tempat makan,batu, atau tempat lainnya yang bisa dia naiki bahkan tidak ada objeknya(benda atau betina). awalnya tak pikir kena penyakit atau apa, dan ternyata kalkun jantan ini ternyata melakukan perkawinan. hahaha..
klik gambar untuk memperbesar
  • Kebiasaan Kalkun Jantan adalah berpoligami dengan banyak betina, peternak-peternak kalkun biasanya untuk perbandingan antara jantan dan betina adalah 1 :10. dan yang uniknya mereka melakukan kperawinan tidak mengenal waktu, terkadang kawin dimalam hari skalipun. karena keseringan Kalkun Jantan meladeni 10 ekor betina maka dari itu saya menggunakan sistem rolling agar kondisi kalkun jantannya selalu Fit, dan biasanya sistem rolling ini saya lakukan 3 hari-1 minggu sekali.
klik gambar untuk memperbesar

58 komentar:

  1. katanya tanpa pejantan pun betina bisa bertelur yaa Gan ??

    BalasHapus
  2. belum pernah nyoba, kalau selama ini bisa bertelur tpi ngak bisa netes, kan ngak dibuahi..

    BalasHapus
  3. sama ya gan, kalkunku di rumah juga punya sifat seperti ini

    BalasHapus
  4. (sistem rolling agar kondisi kalkun jantannya selalu Fit, dan biasanya sistem rolling ini saya lakukan 3 hari-1 minggu sekali)
    gan,yang di maksud sistem roling itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tukar mas bos, ada 1 jantan yang dimasukkan kekandang tersendiri buat istirahat, setiap 3 hari bergantian gan..

      Hapus
  5. harga doc coklat berapa mas?

    BalasHapus
  6. mas saya punya sepasang kalkun yang saya letakkan dalam 1 kandang.
    anehnya telurnya sudah sampai 25 ekor tapi kok belum mengerami ya.
    apa harus dipisah dari pejantannya?
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. termasuk kalkun yang bagus untuk produksi mas, pada umur 1 minggu telur, mas teropong aja, mana yang jadi dan ngak, dipisah mas, biasanya ngak semua telur fertil ato jadi mas, klo telur masih banyak mending di taruh di mesin tetas ato dierami di ayam kampung ato bebek sprti saran mas @sanjaya jaya.. semoga bermanfaat masukannya.. ^_^

      Hapus
    2. Ciri telur yang tidak jadi (tidak bisa menetas) kalau diterpong gemana ....... mas ? makasih ```

      Hapus
  7. sekedar nambahin sedikit ya gan,, agan luthor fie@ kalkun memang malas mengerami telurnya, solusi dari peternak disekitar saya "telur kalkun dieramkan pada entok yg sedang mengerami telur atau telur kalkun ditetaskan pada mesin tetas".

    BalasHapus
  8. mas saya mau tanya nih. kalau menetaskan telur dengan mesin penetas itu posisi telurnya bagaimana? trus mending ditetaskan induk atau mesin? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. posisi telur horizontal mas.. klo paling bagus pakai yang alami mas ntar berpengaruh ke daya tahan tubuh DOT..

      Hapus
  9. mau nanya.
    kalkun saya betelornya 2 hari sekali kadang 1 hari sekali.CARA BETELOR KALKUN EMANG GITU YA MAS ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas bos, kadang ada yang 3 hari sekali, wajar-wajar aja..

      Hapus
  10. kalkun coklat kirim ke Pekanbaru boss 1 jantan 2 betina berapa harga ??? 081 276 30 7777

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke pekanbaru blm brani mas bos, resiko kematian besar mas bos..

      Hapus
  11. Salam kenal mas, saya lagi senang pelihara ayam kalkun.Tanya yang warna coklat umur 2 bln ada ? Kalau kiim ke Ciputat TangSel bisa ? okirnya berapa terima ditempat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slm knl mas bos, Untuk kirim2 biasanya lwt jalur kereta mas bos.. untuk harga bisa hub.contact person mas bos,

      Hapus
  12. salam kenal mas Mukhlis. saya tertarik dengan pelihara kalkun. mo tny noh, to pemula, yg bagus pelihara berapa ekor dulu? kalkun yg tahan penyakit, yg jenis apa? hrgnya brp saat ini? mksh bny infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal pak bos, peliharaan berapa aja ngak da batasnya pak, klo pengen pelihara enaknya dari anakan biar ngerti penyakitnya pak, klo indukan sudah tahan terhadap penyakit. untuk kalkun yg tahan penyakit semuanya tahan pak bos tergantung perawatan.

      Hapus
  13. aku punya kalkun umur 1 bln. gak nafsu makan, (ngenduruk), berat badan berkurang, cara ngobatinya gimana..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rajin dikasih bawang putih bulat2 tapi diiris bos. sumpelin ajja ke mulutnya. mungkin aingan itu. bawang putih bisa tu ngobatin, berak ijo berak kuning, cacingan dn dayatahan tubuh. klo dah sehat pakan sering di campur rajangan daun kates dan buah mengkudu/buah paciek biar napsu makan meningkat. kalo kalkun susah tu jalan atau berdiri ; tumbuk aja kulit telor ampur kepakan ny, atau pake asinan, tolang sotong, atau CDR tu tulang. biar kuat

      Hapus
  14. Salam Kalo kirim telur aja yang bisa di tetaskan bisa gak bos ke makassar soalx mau pesan yg jadi repot kirimnya pengen miara kalkun juga mas bos...

    BalasHapus
  15. Kalmun saya nggak kawin2 gmn mas boss

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman sy bos kalo jantan g mau ngawinin . bos beli obat kuat di tokojamu tuk manusia ari yg kapsul, ambil 1 kapsul dibuka dan dikurangi isinya menjadi 1/4 dari isi kapsul. bos masukin kemulut nya kalkun + 1 sendok madu. mudah2n seling kurang lebih 2-4 jam kalkun mau kawin. ni yg sy coba kalo jantan susah kawin. efek ny sijantan mau kawin terus selama 2 hari. makannya agan siapin 3-5 betina.kalo cuma 1 betina bisa ancur badan betinanya nanti bos punggungnya bisa2 robek krn di cakar2 jantan waktu lg kawin

      Hapus
  16. Mau tanya mas saya memelihara kalkum satu betina dan satu jantan, sekarang betina sedang bertelur mas tapi kok telurnya dierami jantan apa mas pernah mengalami seperti ini kalkum nya

    BalasHapus
  17. Kalkun jantan kawin sama kalkun jantan. Apa ada yg pernah melihat? Cara mengatasi gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurung aja didalam kandang dgn yg betina

      Hapus
    2. Nauzubillah itu kaum dari jaman nabi luth ya

      Hapus
  18. mas mau tanya.. pengawinan pd kalkun itu berapa kali mas?? cukup sekali atau berkali" sampai mengenkrami??

    BalasHapus
  19. Mas kalo kalkun flu obat nya yang paling manjur apa ya

    BalasHapus
  20. Kalkun jantan punya sy umur sekitar 7 bulanan.tanggal 1 agustus 2017 kemaren akhirnya kawin juga..tanggal 8 agustus betina nya bertelur..3 hari kemudian bertelur lagi,,kemudian 2 harinya lagii..lalu satu harinya lagi..stu hari lagi..hingga tgl 14 ini udah ada 4 telur..ga tau apa kah itu fertile atau ga? sy buatin tempat penetasan dari kardus yg diberi lampu 5 watt dan air dalam kaleng susu..sy balik2 telur tiap 6 jam sekali..3 kali perhari..apakah cara spt ini sudah betul? atau bgmna mas? terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah coba di tropong ?
      Kalo pakai 1 lampu buat netasin kayaknya kurang mas. Mungkin bisa netas mas tp bisa jadi kurang bagus hasilnya. Karna terlalu dingin biasanya tulang kalkun jadi jelek dan telat menetas.

      Hapus
    2. Mau tanya mas, anakan kalkun saya sudah besar besar maunya cuma sentrat sama rumput rumput. Gimana caranya biar mau makan jenis lainnya contoh katul, nasi dll. Terima kasih

      Hapus
  21. Numpang tanya mas kalkun bertelurnya maksimal sampe brapa butir ? Kox punya saya udah mengerami telurnya tp masih bertelur j ampe 30 biji

    BalasHapus
  22. Mas Aku mau unya kalkun Betina dan mjantan setiap saya ke Kandang Betina gk mw di kawini sama Jantan kalkun saya setelah 2 minggu kalkun saya bertelur pertanyaan nya apakah kalkun saya udah d buahi sama Jantan nya atw blum??? Apakah ad potensi dia kawin Master master

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dengan kalkun saya mas. Pokoknya ngak pernah liat yg betina mau di kawin. Tapi sdh tu bertelur. Jadi ngak ni telurnya?

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Mas.kalkun saya masih anakan, kalau kawain sedarah bagus nggk mas..?

    BalasHapus
  25. mas mau nanyak,, saya beli sepasang kalkun uda 3 bulan, tapi kok g mau kawin n g mau bertelur, sampai yg jantan sekarang bisu g bisa berkokok,, mohon sarannya

    BalasHapus
  26. salam kenal mas.mau nanya.umur berapakah kalkun siap kawin?terima kasih

    BalasHapus
  27. saya punya ayam kalkun sekitar umur 2 bulan jantan betina,,tapi ko suka tarung,,kenapa yah,,,tolong minta balesan.

    BalasHapus
  28. halo bos, ini di rumah ada jantan kayak nya jenis bronze, yg betina kayak nya jenis golden. ini kira2 mau kawin gag ya? si jantan sering nya bareng ayam betina hitam. makasih

    BalasHapus
  29. bos saya mau tanya,... kalo kalkun lagi bertelur apa setiap hari harus di kawinkan??

    BalasHapus
  30. Mau nanya kenapa yah kalkun betina saya tidak mau mengerami telur nya? Itu kenapa ya

    BalasHapus
  31. Gan ane mau lps kalkun jantan usia 5 blm jenis kalkun brones

    BalasHapus
  32. Jika ada yg minat 2 ekor standar ajalah bisa nego pula.hub wa.081297368891

    BalasHapus
  33. Mas?kalkun punyaku yang pejantan kok seringe klo mlm ato siang malah mengerami telur betinanya ych..?aku baru pertama kali mlihara kalkus bos

    BalasHapus
  34. Mas?kalkun punyaku yang pejantan kok seringe klo mlm ato siang malah mengerami telur betinanya ych..?aku baru pertama kali mlihara kalkus bos

    BalasHapus
  35. Harga kalkun coklat sepasang berapa mas ? Lokasi pasnya mana

    BalasHapus
  36. Mas nanya, kalau penetasan brp hari?

    BalasHapus
  37. Kalkun jantan punya saya kok ikut mengerami telur itu gmna ya,apa iya pejantanya cemburu karena ga ada betina lain?tolong jawaban ya gan

    BalasHapus
  38. Mau tanya mas
    Makanan kalkun jantan agar bergairah supaya bergairah kawin apa ya?
    Karena kalkun jantan sy kelihatannya TDK bergairah kawin

    BalasHapus
  39. kalkum mengerami telur nya sudah lima hari tidak mau makan kenapa yah

    BalasHapus