Semoga blog ini bermanfaat bagi yang membaca.. aminyrb.. ^_^

Cara Membedakan Jantan atau Betina

Cara Membedakan Jantan atau Betina pada Kalkun menurut versiku sendiri adalah :
  1. Cara membedakan umur 3hari - 1bln dilihat dari bentuk mukanya Jantan mukanya cenderung persegi panjang atau lonjong sedangkan betina persegi empat atau bulat, namun sampai saat ini hasil dari penelitian sendiri masih keliru dan ngak 60% benar.. hehehe..
  2. Cara membedakan umur 2bln sudah kliatan untuk versi saya karena perbedaan ukuran tubuh sudah terlihat mana betina dan jantan dan pada bagian leher jantan sudah terlihat tumbuh pial dan dari suara jantan cenderung sering bersuara ketimbang betina, dan juga terkadang jantan muda sering megrok. contoh perbedaan yang berumur 2 bulan :
Klik Gambar Untuk Memperbesar

7 komentar:

  1. mas untuk membedakan yang masih kcil kok aku masih sulit ya

    BalasHapus
  2. Pial pada leher kalkun itu apa yang gimana ya mas? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  3. dari penelitian sendiri masih keliru dan ngak 60% benar...

    yah.... masih belum jelas ya mas membedakannya, padahal ni sudah mo beli kalkun, tp penjualnya jg gk tau cara membedakan jenis kelaminnya, makanya saya cari info dulu di google dan diarahkan ke blog ini, tp masih blum dapat pencerahan, hehehe...

    BalasHapus
  4. Kalo mau bedain emang agak sulit tapi ilmu ini saya berikan semoga bermanfaat ya.
    Kalkun jantan sewaktu u 2minggu udah keliatan dari suara nya kalo bercicit paling nyaring, tonjolan tungir pada kaki udah nonjol. Lalu kalo buat yang 1 bulan ini lebih mudah, pada bagian daerah leher ke dada ada benjolan untuk tumbuhnya bulu yang mirip dasi. Kalo untuk betina pasti jarang ya yang mau. Jadi saya post komen yang jantan saja. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus