Semoga blog ini bermanfaat bagi yang membaca.. aminyrb.. ^_^

Tips Menghadapi Musim Hujan

Kemarin jogja sudah disiram hujan yang cukup deras itu pertanda bagi kami peternak kalkun bersiap-siap untuk mengantisipasi perubahan iklim ini, ^_^ cara kami mengantisipasi perubahan iklim adalah :
  1. Memberikan vitamin tambahan kepada kalkun dengan cara dilolohkan/disuapin, adapun vitamin yang kami gunakan untuk Kalkun Dewasa Umur 2Bulan keatas yaitu Minyak Ikan dan pada kalkun yang berumur 1-2Bulan kami berikan vitamin B compleks. untuk menjaga daya tahan tubuh kalkun.
  2. Memberikan ramuan tambahan pada minuman kalkun, ramuan tersebut bisa campuran antara jahe, kunyit dsb.. fungsi ramuan tersebut untuk memberikan kehangatan pada tubuh kalkun.
  3. Mengecek semua kandang kalkun apabila terjadi kebocoran. karena apabila kandang lembab maka akan banyak sekali timbul bibit penyakit seperti snot, gering, cacingan, cacar, dan lain-lain.
  4. Menyemprotkan antiseptik kekandang agar tidak timbul bibit penyakit, antiseptik yang biasanya kami gunakan adalah "MEDISEP".
  5. Untuk mengantisipasi agar kandang tidak bau kami menyemprotkan cairan fermentasi Asem Jawa, agar lalat dan bau hilang, sekarang sudah banyak yang jual cairan penghilang bau jadi tidak perlu repot-repot meramu sendiri.
  6. Dan tak kalah pentingnya adalah mengecek saluran air pembuangan air hujan. agar air hujan tidak menggenang didalam kandang.
mudah-mudahan tips dari kami bermanfaat semoga bisa melalui musim hujan.. ^_^

11 komentar:

  1. info yang bagus sekali sob, sukses selalu buat artikel-nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aminn.. mksh mas bro.. sekedar sharing pengalaman ^_^

      Hapus
  2. pak mau tanya,, klo kalkun sakit biasanya dikasih obat apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sakit apa pak? lihat dari warna kotorannya pak?

      Hapus
  3. kalo kotorannya berdarah apa obatnya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdarah itu biasanya karena cacingan mas, dikasih tetraclor aja mas, klo alami biasanya daun pepaya mas, dikasih rutin aja daun pepaya 1 minggu sekali, mudah2n ngak cacingan lagi mas..

      Hapus
  4. Mas sy mw nanya klo anakan beda usia dikit klo di campur biar nga di patoki / dimusuhi solusinya gmn ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebiasaan kalkun memang gitu mas, mendominasi mas, sebaiknya mas pisah aja jgn dicampur, klo dicampur tidak masalah tpi tetep setelah akur ntar suatu saat pasti berantem lagi..

      Hapus
  5. beli cairan penghilang baunya dimana mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. jual online banyak mas bos, klo sya pakai P-Bio Red Decomposer mas bos.. ^_^

      Hapus
  6. Di beri minyak ikan ny, brapa hari sekali?

    BalasHapus