Semoga blog ini bermanfaat bagi yang membaca.. aminyrb.. ^_^

Pemilihan Indukan Kalkun


Terkadang orang melupakan hal yang terpenting dalam beternak apapun itu yaitu : pemilihan calon indukan yang bagus, karena untuk pemilihan indukan ini akan berpengaruh pada penghasilan telur dan daya tetasnya. berikut merupakan tips dari kami untuk memilih indukan yang bagus, yang perlu diperhatikan adalah fisik kalkun tersebut. ciri-ciri fisik yang baik untuk indukan adalah berbadan besar (gemuk) dan bagus tidak ada cacat dari kepala (paruh yang bersilang akan berpengaruh saat makan) sampai kaki (tidak ada yang kaki bengkok atau kelainan akan berpengaruh saat melakukan perkawinan) , dari mata kalkun bulat cerah tidak sayu seperti orang mabuk, untuk jantan dilihat dari taji/jalu panjang yang paling baik 0,5cm menandakan bahwa jantan tersebut siap melakukan perkawinan, sering mengrok/ngembang untuk memikat betina.  

mudah-mudahan sedikit info dari kami bermanfaat bagi yang membaca, kalau ingin menambahkan kami persilahkan..

2 komentar:

  1. siipp ...

    saran aja ..
    selain berdasar fisik indukan, penting juga untuk memperhatikan genetis (keturunan), agar jangan sampai terjadi in-breeding (kawin dalam) yg bisa merugikan secara genetis (resiko : erosi genetik)..

    BalasHapus
  2. Betina sy bertelur dan sudah dikawinin sama jantan 1,5 thn terus.dan setelah 5 hari pengeraman ternyata sy tropong tidak fertil .kira2 penyebabnya apa ya mas.mohon sarannya mas

    BalasHapus